Etika Bisnis: Opini Jenis Pasar, Hubungan Perusahaan dengan Stakeholder/CSR dan Budaya Organisasi
Menurut opini
saya pada materi kelompok 9 yang berjudul Hubungan Perusahaan dengan Stakeholder/CSR, Stakeholder
merupakan pihak-pihak yang berkepentingan yang berada di dalam suatu
perusahaan. Yang dimaksud pihak-pihak yang berkepentingan adalah yang dapat
mengambil keputusan bisa disebut sebagai pimpinan perusahaan yang mempunyai
wewenang tertinggi di dalam perusaaan tersebut. Tingkatan peran yang yang
memiliki kepetingan yang utama dalam perusahaan yaitu a) pemilik, seseorang
yang mendirikan suatu bisnis yang mengeluarkan modalnya untuk membiayai usaha
tersebut dan memiliki keyakinan akan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. b)
karyawan, orang yang di rekrut oleh perusahaan yang ditugaskan untuk membantu
jalannya kegiatan perusahaan. c) kreditor, suatu lembaga keuangan atau individu yang dapat memberikan
pinjaman kepada perusahaan. d) pemasok, partner dalam perusahaan yang dapat
memenuhi tersedianya keseluruhan bahan baku. e) pelanggan, merupakan suatu
target utama dalam suatu perusahaan untuk memberikan produk dan jasa yang diinginkan
oleh seorang pelanggan. f) pesaing,
suatu unit usaha yang sejenis yang dapat menurunkan pendapatan perusahaan. g)
pemerintah, memiliki kekuasaan untuk memberikan perizinan usaha.
CSR adalah suatu bentuk kepedulian suatu
perusahan terhadap kepedulian sosial. CSR mempunyai banyak manfaat untuk
perusahaan salah satunya dapat mempertahankan dan meningkatkan reputasi dan
citra perusahaan. Jika tanggung jawab
sosial perusahaan dilaksanakan dengan baik dan benar maka akan memberikan
dampak yang positif bagi perusahaan, lingkungan, termasuk sumber daya manusia,
sumber daa alam dana seluruh komponen dalam masyarakat. Perusahaan mampu
menyerap tenaga kerja yang baik dan mempunyai kemampuan untuk meningkatkan daya
beli masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Perusahaan akan memiliki
peningkatan dimasa yang akan datang dengan terpeliharanya lingkungan sehingga
akan mengasilkan ta kehidupan yang lebih baik.
Menurut opini saya terhadap materi
kelompok 7 yang berjudul Jenis Pasar, Etika dalam Pasar Kompetitif dan Etika Dalam Pasar Global. Pasar merupakan pusat berjalannya sutau kegiatan ekonomi yang dapat
diartikan sebagai tempat dimana para pelaku usaha dan pembeli melakukan suatu
transaksi pada suatu produk baik barang maupun jasa. a) Pasar persaingan
sempurna yaitu suatu pasar dimana penjual dan pembeli tidak bisa mempengaruhi
harga, sehingga harga ditentukan oleh hasil interaksi antara keduanya. Persaingan
yang dilakukan secara sehat karena produk yang dihasilkan bersifat homogen. b) Pasar
monopoli yaitu keadaan suatu pasar yang hanya dikuasai oleh satu pihak saja. Pembeli
hanya memiliki satu pilihan dan tidak ada pilihan lainnya. c) Pasar oligopoli
yaitu bentuk pasar yang dikuasai oleh beberapa penjual atau konsumen saja. Produk
berupa barang atau jasa memiliki sifat homogen dengan berinovasi dibeberapa
titik.
Dalam pasar global, ada banyak hal yang
harus diperhatikan sebelum menjalankan atau memasarkan usahanya. Sebelum produk
diciptakan dan dipasarkan, produsen harus melakukan pengembangan dan
menyesuaikan keadaan pada setiap Negara yang akan dituju sebagai pangsa pasar. Faktor
utama adalah budaya dan norma yang berbeda-beda yang dapat menimbulkan dampak
pada kemajuan pasar global dalam melihat peluang pasar pada suatu Negara.
Menurut opini saya terhadap materi
kelompok 8 yang berjudul Budaya Organisasi dan Kendala dalam Kinerja Bisnis. Budaya adalah suatu dasar yang dapat memberikan pelajaran dan dapat
menyelesaikan suatu permasalahan yang ada didalam suatu kelompok baik masalah
internal maupun eksternal yang bisa dijadikan bahan untuk dipertimbangkan dan diwariskan kepada
setiap anggota baru. Organisasi merupakan sekumpulan kelompok yang terstruktur
secara sistematis yang bertujuan untuk mencapai suatu tujuan secara
bersama-sama. Budaya organisasi adalah suatu nilai-nilai yang dijadikan pedoman
dapat digunakan oleh suatu organisasi yang menjadi pembeda antara satu
organisasi dengan organisasi lainnya. Budaya organisasi tumbuh karena dibuat
dan dikembangkan oleh sekumpulan kelompok yang bekerja di dalam suatu
organisasi dan dijadikan sebagai nilai-nilai yang harus dipertahankan dan diwariskan
kepada setiap anggota baru. Dalam mencapai tujuan etika bisnis perusahaan
pastiya ada kendala dalam mewujudkan kinerja bisnis, yaitu:
1. Mengatasi Masalah Modal, modal menjadi
faktor utama dalam menjalankan suatu usaha bisnis. Pelaku bisnis harus
mempunyai ide yang dapat mengembangkan usahanya dengan mencari bantuan partner
bisnis atau investor.
2. Mengatasi Masalah Tenaga Terampil, kualitas
pelayanan tidak terlepas dari sumber daya manusia. Pelaku usaha dapat merekrut
tenaga kerja professional yang bertanggung jawab serta memberikan
pelatihan-pelatihan khusus sesuai dengan jobdesk masing-masing agar usaha
berjalan dengan lancar.
3. Mengatasi Masalah Bahan Baku, pelaku
usaha harus dapat menjalin hubungan baik dengan beberapa supplier dan tidak
hanya terpaku pada satu supplier saja. Pelaku usaha dapat mencari alternative supplier
agar dapat membandingkan harga dan kualitasnya.
4. Mengatasi Masalah Pemasaran, faktor
terpenting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Pemasaran terdiri dari 4 aspek yaitu
produk harga, promosi, tempat. Jika keempat aspek tersebut dapat dimanfaatkan dengan
baik bisnis akan cepat berkembang.
Komentar
Posting Komentar