Etika Bisnis: Opini Jenis Pasar, Hubungan Perusahaan dengan Stakeholder/CSR dan Budaya Organisasi



Menurut opini saya pada materi kelompok 9 yang berjudul Hubungan Perusahaan dengan Stakeholder/CSR, Stakeholder merupakan pihak-pihak yang berkepentingan yang berada di dalam suatu perusahaan. Yang dimaksud pihak-pihak yang berkepentingan adalah yang dapat mengambil keputusan bisa disebut sebagai pimpinan perusahaan yang mempunyai wewenang tertinggi di dalam perusaaan tersebut. Tingkatan peran yang yang memiliki kepetingan yang utama dalam perusahaan yaitu a) pemilik, seseorang yang mendirikan suatu bisnis yang mengeluarkan modalnya untuk membiayai usaha tersebut dan memiliki keyakinan akan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. b) karyawan, orang yang di rekrut oleh perusahaan yang ditugaskan untuk membantu jalannya kegiatan perusahaan. c) kreditor, suatu lembaga keuangan atau individu yang dapat memberikan pinjaman kepada perusahaan. d) pemasok, partner dalam perusahaan yang dapat memenuhi tersedianya keseluruhan bahan baku. e) pelanggan, merupakan suatu target utama dalam suatu perusahaan untuk memberikan produk dan jasa yang diinginkan  oleh seorang pelanggan. f) pesaing, suatu unit usaha yang sejenis yang dapat menurunkan pendapatan perusahaan. g) pemerintah, memiliki kekuasaan untuk memberikan perizinan usaha.
CSR adalah suatu bentuk kepedulian suatu perusahan terhadap kepedulian sosial. CSR mempunyai banyak manfaat untuk perusahaan salah satunya dapat mempertahankan dan meningkatkan reputasi dan citra perusahaan. Jika tanggung jawab sosial perusahaan dilaksanakan dengan baik dan benar maka akan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan, lingkungan, termasuk sumber daya manusia, sumber daa alam dana seluruh komponen dalam masyarakat. Perusahaan mampu menyerap tenaga kerja yang baik dan mempunyai kemampuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat secara langsung maupun tidak langsung. Perusahaan akan memiliki peningkatan dimasa yang akan datang dengan terpeliharanya lingkungan sehingga akan mengasilkan ta kehidupan yang lebih baik.



Menurut opini saya terhadap materi kelompok 7 yang berjudul Jenis Pasar, Etika dalam Pasar Kompetitif dan Etika Dalam Pasar Global. Pasar merupakan pusat berjalannya sutau kegiatan ekonomi yang dapat diartikan sebagai tempat dimana para pelaku usaha dan pembeli melakukan suatu transaksi pada suatu produk baik barang maupun jasa. a) Pasar persaingan sempurna yaitu suatu pasar dimana penjual dan pembeli tidak bisa mempengaruhi harga, sehingga harga ditentukan oleh hasil interaksi antara keduanya. Persaingan yang dilakukan secara sehat karena produk yang dihasilkan bersifat homogen. b) Pasar monopoli yaitu keadaan suatu pasar yang hanya dikuasai oleh satu pihak saja. Pembeli hanya memiliki satu pilihan dan tidak ada pilihan lainnya. c) Pasar oligopoli yaitu bentuk pasar yang dikuasai oleh beberapa penjual atau konsumen saja. Produk berupa barang atau jasa memiliki sifat homogen dengan berinovasi dibeberapa titik.
Dalam pasar global, ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum menjalankan atau memasarkan usahanya. Sebelum produk diciptakan dan dipasarkan, produsen harus melakukan pengembangan dan menyesuaikan keadaan pada setiap Negara yang akan dituju sebagai pangsa pasar. Faktor utama adalah budaya dan norma yang berbeda-beda yang dapat menimbulkan dampak pada kemajuan pasar global dalam melihat peluang pasar pada suatu Negara.




  

Menurut opini saya terhadap materi kelompok 8 yang berjudul Budaya Organisasi dan Kendala dalam Kinerja Bisnis. Budaya adalah suatu dasar yang dapat memberikan pelajaran dan dapat menyelesaikan suatu permasalahan yang ada didalam suatu kelompok baik masalah internal maupun eksternal yang bisa dijadikan bahan  untuk dipertimbangkan dan diwariskan kepada setiap anggota baru. Organisasi merupakan sekumpulan kelompok yang terstruktur secara sistematis yang bertujuan untuk mencapai suatu tujuan secara bersama-sama. Budaya organisasi adalah suatu nilai-nilai yang dijadikan pedoman dapat digunakan oleh suatu organisasi yang menjadi pembeda antara satu organisasi dengan organisasi lainnya. Budaya organisasi tumbuh karena dibuat dan dikembangkan oleh sekumpulan kelompok yang bekerja di dalam suatu organisasi dan dijadikan sebagai nilai-nilai yang harus dipertahankan dan diwariskan kepada setiap anggota baru. Dalam mencapai tujuan etika bisnis perusahaan pastiya ada kendala dalam mewujudkan kinerja bisnis, yaitu:
1.      Mengatasi Masalah Modal, modal menjadi faktor utama dalam menjalankan suatu usaha bisnis. Pelaku bisnis harus mempunyai ide yang dapat mengembangkan usahanya dengan mencari bantuan partner bisnis atau investor.
2.      Mengatasi Masalah Tenaga Terampil, kualitas pelayanan tidak terlepas dari sumber daya manusia. Pelaku usaha dapat merekrut tenaga kerja professional yang bertanggung jawab serta memberikan pelatihan-pelatihan khusus sesuai dengan jobdesk masing-masing agar usaha berjalan dengan lancar.
3.      Mengatasi Masalah Bahan Baku, pelaku usaha harus dapat menjalin hubungan baik dengan beberapa supplier dan tidak hanya terpaku pada satu supplier saja. Pelaku usaha dapat mencari alternative supplier agar dapat membandingkan harga dan kualitasnya.
4.      Mengatasi Masalah Pemasaran, faktor terpenting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Pemasaran terdiri dari 4 aspek yaitu produk harga, promosi, tempat. Jika keempat aspek tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik bisnis akan cepat berkembang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL NUGGET SAYUR (NASA)

POSTER IKLAN NUGGET SAYUR (NASA)